Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi Memberi hormat Kepada Guru-Guru Seluruh Indonesia.

Seminar Nsional IGI Gresik

Seminar Nsional IGI Gresik, 15 Mei 2016 di Auditorium Universitas Muhamadiyah Gresik

Maulid Nabi

Maulid Nabi Muhammad SAW di SMA Negeri 1 Menganti Gresik

Kegiatan SAGUSATAB IGI GRESIK

Pelatihan Optimalisai Penggunaan TAB Samsung A8

Kegiatan SAGUSABU

Launching Buku Catatan Cinta Untuk Ibu di LPMP Jatim

Hari Guru Nasional

Foto Bersama Siswa Setelah Upacara Peringatan Hari Guru Nasional di SMAN 1 Menganti Gresik

Kemah Karakter Bangsa

Kemah Karakter Bangsa di Malang Jawa Timur

Jumat, 28 Oktober 2016

MASUK IGI, GURU BISA MEMBUAT BLOG KEREN

Bersama IGI, Guru Memiliki Blog Pribadi Kini Tak Lagi Mimpi

Menyambangi dunia maya untuk menambah ilmu pengetahuan dan hal lainya saat ini bukan lagi hal yang istimewa bagi masyarakat termasuk bagi guru. Searching, Browsing, Chatting, dan banyak lagi yang bisa dilakukan tergantung niat yang melakukanya. Bahkan terkadang niat dan tekad yang sudah baik saat memulai browsing bisa juga terbelokkan saat melihat sekelebat gambar nanas (nama samaran) yang begitu banyak lalu lalang meski tanpa kesengajaan .. hehe.

Tapi saya yakin sebagai guru tentulah dapat berpikir bijak dalam berselancar di dunia maya dan memilah mana yang baik dan mana yang dibutuhkan untuk menunjang tugas keseharian yakni sebagai sosok pengemban amanat undang-undang untuk mendidik putra-putri bangsa agar menjadi manusia yang seutuhnya.

Pada saat berselancar di dunia maya mengikuti kata ataupun kalimat yang kita tuliskan, kemudian dengan sigapnya direspon oleh mbah google seraya membawa kita menemukan berbagai informasi dari bermacam website ataupun blog pilihan mbah google, maka tak jarang kita tertambat pada website ataupun blog guru yang begitu menarik baik isi maupun tampilanya.

Melihat web/blog guru semacam itu kadang kita berfikir sekaligus bertanya :
Kok Bisa ya buat web/blog seperti ini?
Caranya gimana ya?
Bisa Nggak ya kalau saya buat yang kayak gini?
Kayaknya bisa dech, saya kan juga guru, masak dia bisa aku nggak bisa?

Wah, betapa senangnya saya jika memiliki web/blog yang banyak dikunjungi para guru yang bisa mengambil manfaat dari yang saya tulis.

Jika Bapak/Ibu guru memiliki pikiran dan pertanyaan yang kurang lebih sama seperti diatas, maka berbahagialah karena sebentar lagi apa yang bapak/ibu pikirkan akan halnya memiliki sebuah web/blog pribadi bukanlah hanya impian saja akan tetapi akan berwujud nyata.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) sebagai salah satu organisasi profesi guru di indonesia telah memprakarsai sebuah kegiatan yang diberi nama Satu Guru Satu Blog atau dalam singkatanya disebut SAGUSABLOG. Pada kegiatan ini setiap guru berkesempatan belajar langkah demi langkah dalam membuat sebuah blog/web yang pada endingnya akan memiliki sebuah web/blog pribadi.

Lebih mudahnya lagi Saat ini SAGUSABLOG membuka workshop online menggunakan sarana chating melalui aplikasi telegram, dibantu dengan modul dan video pembelajaran sehingga mudah dipahami peserta workshop online walaupun belajar mandiri dirumah masing-masing.

Setiap guru di Indonesia dapat mendaftar kegiatan ini, namun sebagaimana kegiatan-kegiatan pada umumnya tentu ada bebrapa persyaratn yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar sebagai peserta SAGUSABLOG ini. Berikut syarat untuk mengikuti kegiatan workshop online SAGUSABLOG :
 
  1. Mempunyai No KTA IGI 
  2. Mempunyai laptop/ android/ tablet 
  3. Koneksi internet 
  4. Email gmail 
  5. Mendaftar online untuk mendapatkan kelas dalam group telegram
Butuh lebih banyak informasi terkait kegiatan ini, silahkan gunakan akun telegram bapak/ibu dan gabung sebagaimana tautan dibawah Ini :
 Buruan daftar, Terimakasih

Tentang Aku


Selamat datang di website: www.sudarwoto.cf
Inilah “rumah maya mas “SUDARWOTO” yang akan menjadi ruang bebas untuk, menulis,memberikan komentar, saran atau kritik tentang apa saja. Yang penting dapat memberpikan manfaat untuk sesama. Bukankah manusia terbaik adalah mereka yang “anfa’uhum linnas”, bisa berguna untuk orang lain?”.
Sudarwoto, lahir di kota angin Nganjuk. Pendidikan SD sampai dengan SMA ditempuh di Nganjuk, ketika SMP dan SMA selalu aktif sebagai pengurus OSIS .
Keinginannya untuk kuliah begitu kuat, sehingga begitu lulus dari SMA Negeri 2 Nganjuk langsung hijrah ke Surabaya untuk melanjutkan pendidikan S-1 jurusan Pendidikan Biiologi di IKIP Surabaya (sekarang Universitas Negeri Surabaya)
Selama kuliah di IKIP Surabaya, selalu aktif diberbagai organisasi kemahasiswaan, antara lain : UKKI (Unit Kegiatan Kerohanian Islam), Senat Mahasiswa FPMIPA dan menjadi ketua Forum Studi Islam Biologi. Berkat prestasinya, saat memasuki semester 3 mendapat beasiswa hingga lulus
Disamping kuliah juga aktif mengajar di Cordova Computer Surabaya, Computer Specialist and Technology Surabaya, bimbingan belajar di Surabaya, SMA Karmat Amat Surabaya dan SMK Wijaya Putra 1 Surabaya .
Tahun 1994 lulus dari IKIP Surabaya. Tahun 1995 mendirikan SMA dan SMK Kartika Wijaya Surabaya, juga aktif mengajar di SMA dan SMK Kartika Wijaya, juga sebagai dosen komputer di Sekolah Tinggi Ekonomi Syari’ah Surabaya (STIES).
Setelah malang melintang diberbagai lembaga pendidikan swasta, tahun 1997 diterima sebagai pegawai negeri (PNS) dan ditempatkan di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik, setelah 4 tahun mengajar di SMAN Wringinanom, akhirnya tahun 2002 mutasi ke SMA Negeri 1 Menganti Gresik agar lebih dekat dengan tempat tinggalnya yang berada di Menganti Gresik.
Sudarwoto menikah pada tahun 1996  dan alhamdulillah sekarang sudah dikarunia 4 orang anak : Alya’ Kurnia Illahi, Muhammad Aulia Firdaus, Muhammad Hafidh Dzikrullah dan Nihayatur Rahmah Illahi.Beberapa impian Sudarwoto saat ini adalah ingin memutus daur kemiskinan melalui pendidikan, meningkatkan kualitas akademik dan finansial guru agar profesi guru tidak dipandang sebagai profesi alternatif, tetapi guru akan menjadi profesi impian para generasi penerus bangsa ini.
Obsesi untuk keluargannya adalah ingin memberikan pendidikan terbaik untuk putra – putrinya serta membentuk keluarga sakinah mawaddah wa rahmah yang dapat menjadi contoh keluarga muslim yang lain

Galeri Foto

GALERI FOTO KEGIATAN



Kemah Karakter Bangsa

Sekretariat IGI Gresik

Peluncaran Buku Catatan Cinta Untuk Ibu


SAGUSATAB IGI GRESIK

                                                         



Foto Hari Guru Nasional






Program Semester

Program Semester SatuanPendidikan : SekolahMenengahAtas (SMAN 1 Menganti) Kelas/Semester : XII/1 Mata Pelajaran : Biologi KompetensiInti : 1. Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya. 2. Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia. 3. Memahami, menerapkan, danmenganalisispengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, danmetakognitifberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah. 4. Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajari di sekolahsecaramandiri, bertindaksecaraefektifdankreatif, sertamampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan. KompetensiDasar MateriPokok Bulan Jul Agust Sept Okt Nov Des 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1.1. MengagumiketeraturandankompleksitasciptaanTuhantentangstrukturdanfungsi DNA, gen dankromosomdalampembentukandanpewarisansifatsertapengaturan proses padamahlukhidup. 1.2. Menyadaridanmengagumipolapikirilmiahdalamkemampuanmengamatibioproses. 1.3. Pekadanpeduliterhadappermasalahanlingkunganhidup, menjagadanmenyayangilingkungansebagaimanisfestasipengamalanajaran agama yang dianutnya. 2.1 Berperilakuilmiah: teliti, tekun, jujurterhadap data danfakta, disiplin, tanggungjawab,danpedulidalamobservasidaneksperimen, beranidansantundalammengajukanpertanyaandanberargumentasi, pedulilingkungan, gotongroyong, bekerjasama, cintadamai, berpendapatsecarailmiahdankritis, responsifdanproaktifdalamdalamsetiaptindakandandalammelakukanpengamatandanpercobaan di dalam. 2.2 Peduliterhadapkeselamatandiridanlingkungandenganmenerapkanprinsipkeselamatankerjasaatmelakukankegiatanpengamatandanpercobaan di laboratoriumdan di lingkungansekitar. 3.1 Menganalisishubunganantarafaktor internal daneksternaldengan proses pertumbuhandanperkembanganpadamahlukhidupberdasarkanhasilpercobaan. 4.1 Merencanakandanmelaksanakanpercobaantentangfaktorluar yang memengaruhi proses pertumbuhandanperkembangantanaman, danmelaporkansecaratertulisdenganmenggunakantatacarapenulisanilmiah yang benar. Bab 1 PertumbuhandanPerkembangan A. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan B. PertumbuhandanPerkembanganpadaHewandanManusia MPLS LIBUR HARI RAYA UTS UAS PEMBAGIAN RAPORT LIBUR SEMESTER GANJIL 3.2Memahamiperanenzimdalam proses metabolismedanmenyajikan data tentang proses metabolismeberdasarkanhasilinvestigasidanstudiliteraturuntukmemahami proses pembentukanenergipada makhlukhidup. 4.2Melaksanakanpercobaandanmenyusunlaporanhasilpercobaantentangcarakerjaenzim, fotosintesis, respirasianaerobsecaratertulisdenganberbagai media. Bab 2 Metabolisme A. Komponen dalam Proses Metabolisme B. Metabolisme Karbohidrat C. Metabolisme Protein dan Lemak 3.3Menganalisisketerkaitanantarastrukturdanfungsi gen, DNA, kromosomdalam proses penurunansifatpadamahlukhidupsertamenerapkanprinsi-prinsippewarisansifatdalamkehidupan. 4.3Membuat model untukmensimulasi proses sintesis protein sertaperan DNA dankromosomdalam proses pewarisansifat. Bab 3 SubstansiGenetik A. Komponen dalam Pewarisan Sifat B. Kode Genetik C. Sintesis Protein 3.4Menganalisis proses pembelahansel 4.4Menyajikan data hasilanalisispembelahansel. Bab 4 PembelahanSel A. Reproduksi Sel B. Gametogenesis 3.5 Memahamipola-polaHukum Mendel. 3.6 Memahamipola-polahereditaspautandanpindahsilang. 3.7 Menganalisishereditaspadamanusia 4.5 Mengaitkanpola-polaHukum Mendel denganperistiwa yang ditemukansehari-hari. 4.6 Mengevaluasipola-polahereditaspautandanpindahsilang 4.7 Menyajikan data hereditaspadamanusia Bab 5 Hereditas A. PewarisanSifatBerdasarkanHukum Mendel B. PenyimpanganSemuHukum Mendel C. Pola-PolaHereditas D. PewarisanSifatpadaManusia 3.8Menganalisisperistiwamutasi. 4.8Menyajikan data proses mutasi. Bab 6 Mutasi A. Macam-MacamMutasi B. PengaruhMutasi Keterangan: *UH : UlanganHarian Mengetahui Kepala Sekolah Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M. NIP. 19681028 199802 1 001 1 Gresik, 18 Juli 2016 Guru Mata Pelajaran S u d a r w o to, S.Pd. NIP. 19690810 199802 1 003

Program Tahunan

Program Tahunan Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMAN 1 Menganti) Kelas/Semester : XII/1 dan 2 Mata Pelajaran : Biologi Kompetensi Inti: KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran,damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukkan sikap sebagai bagiandari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminanbangsa dalam pergaulan dunia KI-3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradabanterkait penyebab fenomena dan kejadianserta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalahserta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode, sesuai kaidah keilmuan. SEMESTER KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU 1 1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada mahluk hidup. 1.2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses. 1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya. 2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam. 2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar. 3.1 Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup berdasarkan hasil percobaan. 4.1 Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tata cara penulisan ilmiah yang benar. Bab 1 PertumbuhandanPerkembangan A. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan B. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan dan Manusia 4 Minggu (4 x 4 JP) 3.2Memahami peran enzim dalam proses metabolisme dan menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada makhluk hidup. 4.2Melaksanakan percobaan dan menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob secara tertulis dengan berbagai media. Bab 2 Metabolisme A. Komponen dalam Proses Metabolisme B. Metabolisme Karbohidrat C. Metabolisme Protein dan Lemak 5 Minggu (5 x 4 JP) 3.3Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup serta menerapkan prinsi-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan. 4.3Membuat model untuk mensimulasi proses sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat. Bab 3 SubstansiGenetik A. Komponen dalam Pewarisan Sifat B. Kode Genetik C. Sintesis Protein 4 Minggu (4 x 4 JP) 3.4Menganalisis proses pembelahan sel 4.4Menyajikan data hasil analisis pembelahan sel. Bab 4 PembelahanSel A. Reproduksi Sel B. Gametogenesis 2 Minggu (2 x 4 JP) 3.5 Memahami pola-pola Hukum Mendel. 3.6 Memahami pola-pola hereditas pautan dan pindah silang. 3.7 Menganalisis hereditas pada manusia 4.5 Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan peristiwa yang ditemukan sehari-hari. 4.6 Mengevaluasi pola-pola hereditas pautan dan pindah silang 4.7 Menyajikan data hereditaspadamanusia Bab 5 Hereditas A. PewarisanSifatBerdasarkanHukum Mendel B. PenyimpanganSemuHukum Mendel C. Pola-PolaHereditas D. PewarisanSifatpadaManusia 7 Minggu (7 x 4 JP) 3.8Menganalisis peristiwa mutasi. 4.8Menyajikan data proses mutasi. Bab 6 Mutasi A. Macam-MacamMutasi B. PengaruhMutasi 1 Minggu (1 x 4 JP) 2 3.9Menganalisis tentang teori evolusi dan seleksi alam dengan pandangan baru mengenai pembentukan spesies baru di bumi berdasarkan studi literatur. 4.9 Mengevaluasi pemahaman diri tentang berbagai pandangan mengenai evolusi mahluk hidup dan menciptakan gagasan baru tentang kemungkinan-kemungkinan teori evolusi berdasarkan pemahaman yang dimilikinya. Bab 7 Evolusi A. TeoriAsalUsulKehidupan B. TeoriEvolusi Charles Darwin C. PetunjukTerjadinyaEvolusi D. MekanismeEvolusi E. Spesiasi F. KecendrunganBaruTeoriEvolusi 2 Minggu (2 x 4 JP) 3.10Memahami tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan. 4.10Merencanakan dan melakukan percobaan dalam penerapan prinsip-prinsip bioteknologi konvensional untuk menghasilkan produk dan mengevaluasi produk yang dihasilkan serta prosedur yang dilaksanakan. Bab 8 Bioteknologi A. PrinsipdanPerkembanganBioteknologi B. Macam_macamBioteknologi Modern C. ManfaatdanPerananBioteknologi D. DampakBioteknologidalamKehidupanManusia 3 Minggu (3 x 4 JP) JUMLAH ALOKASI WAKTU 28Pertemuan Mengetahui Kepala Sekolah Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M. NIP. 19681028 199802 1 001 1 Gresik, 18 Juli 2016 Guru Mata Pelajaran S u d a r w o to, S.Pd. NIP. 19690810 199802 1 003 ,

Soal Biologi Kelas 12 IPA

Silahkan kerjakan soal berikut :

Kamis, 27 Oktober 2016

Kalender Akademik

Download

Bagi adik-adik SMA/MA kelas XII yang akan menghadapi Ujian Nasional dan SBM PTN, persiapkan diri anda mulai sekarang. Silahkan anda download arsip soal Ujian Nasional  pada link di bawah ini. 
Berikut link download soal Ujian Nasional Tahun:


UN Tahun 2009
UN Tahun 2010
UN Tahun 2011
UN Tahun 2012
UN Tahun 2013
UN Tahun 2014
UN Tahun 2015
UN Tahun 2016
UN Tahun 2017

 Berikut link download soal SBMPTN Tahun:

SMBPTN 2009
SBMPTN 2010
SBMPTN 2011 
SBMPTN 2012 
SBMPTN 2013 

SBMPTN 2014 
SBMPTN 2015 
SBMPTN 2016 
SBMPTN 2017 

Untuk Download RPP Biologi Kelas X, XI dan XII, silahkan klik disini :

1.  RPP Kelas X
2.  RPP Kelas XI
3.  RPP Kelas XII

Bahan Ajar Power Point Kelas X, silahkan klik link berikut :

Semester 1
2.  Peranan Mikroorganisme
3.  Archeabacteria dan Eubacteria
4.  Kingdom Protista
5.  Kingdom Fungi

 Semester 2
 1. Plantae
 2. Animalia
 3. Ekologi
 4. Perubahan Lingkungan

Bahan Ajar Power Point Kelas XII, silahkan klik link berikut :


 Semester 2
 1. Mutasi
 2. Evolusi
 3. Bioteknologi

 Materi ICT
 1. Materi EXCEL 2007
 2. Materi WORD 2007
 3. Materi Power Point

Materi Biologi kelas X silahkan klik  Biologi X

Materi Biologi kelas XI silahkan klik  Biologi XI

Materi Biologi kelas XII silahkan klik Biologi XII

 Aplikasi cetak SIM PKB klik disini

Materi Biologi

                 Hubungan Hereditas dan Hukum Mendel

Hubungan Hereditas dan Hukum Mendel - Pengertian Hereditas dan Hukum Mendel (Percobaan Monohibrid, dan Dihibrid) - Hereditas adalah penurunan sifat dari induk kepada keturunannya. Keturunan yang dihasilkan dari perkawinan antar individu mempunyai perbandingan fenotip maupun genotip yang mengikuti aturan tertentu. Aturan-aturan dalam pewarisan sifat ini disebut pola-pola hereditas.

Teori pertama tentang sistem pewarisan yang dapat diterima kebenarannya dikemukakan oleh Gregor Mendel pada 1865. Teori ini diajukan berdasarkan penelitian persilangan berbagai varietas kacang kapri (Pisum sativum). Hasil percobaannya, ditulis dalam makalah yang berjudul Experiment in Plant Hybridization.

Dalam makalah tersebut, Mendel mengemukakan beberapa hipotesis mengenai pewarisan material genetik dari tetua kepada anaknya, di antaranya adalah Hukum Segregasi dan Hukum Perpaduan Bebas. Hukum Segregasi atau Hukum Mendel I menyatakan bahwa dalam pembentukan sel gamet, pasangan alel akan memisah secara bebas. Sedangkan, Hukum Perpaduan Bebas atau Hukum Mendel II menyatakan bahwa alel dari lokus satu akan berpadu secara bebas dengan alel-alel dari lokus lainnya.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan tentang pewarisan sifat adalah Gregor Mendel. Dia menyilangkan kacang kapri (pisum sativum) dengan memperhatikan satu sifat beda yang mencolok, seperti kapri berbunga merah disilangkan dengan kapri berbunga putih, kapri berbiji bulat disilangkan dengan kapri berbiji keriput. Berdasarkan penelitian ini, Mendel merumuskan Hukum Mendel I dan Mendel II. Mari cermati uraian berikut ini.
 
1. Percobaan Monohibrid dan Hukum Mendel I
Pada percobaan monohibrid untuk tujuh sifat yang diamati pada tanaman kapri, Mendel memperoleh hasil seperti yang disajikan pada Tabel dibawah. Pada seluruh tanaman F1, hanya ciri sifat dari salah satu tetuanya yang muncul, sedangkan ciri sifat dari tetua yang lain tidak muncul. Sifat yang muncul pada F1, misalnya biji bundar disebut sifat dominan. Sedangkan, sifat yang tidak muncul, misalnya biji keriput disebut sifat resesif.

Pada generasi F2, ciri-ciri yang dipunyai kedua tetua muncul kembali, misalnya biji bundar dan biji keriput. Dari percobaan Mendel untuk seluruh sifat yang diamati pada F2, terdapat perbandingan yang mendekati 3 : 1, antara ciri dominan dan resesif.


Data Persilangan dan F1 Percobaan Mendel


Sifat
Persilangan
Tanaman F1
Bentuk biji
bundar >< keriput
100 % bundar
Warna albumen
kuning >< hijau
100 % kuning
Warna bunga
merah-ungu >< putih
100 % merah-ungu
Bentuk polong
gembung >< berkerut
100 % gembung
Warna polong
hijau >< kuning
100 % hijau
Kedudukan bunga
aksial >< terminal
100 % aksial
Tinggi tanaman
tinggi >< pendek
100 % tinggi


 Data F2 Percobaan Mendel
-
Sifat
Dominan
Resesif
Perbandingan
Bentuk biji
5474 bundar
1850 keriput
2.96 : 1
Warna albumen
6022 kuning
2001 hijau
3.01 : 1
Warna bunga
705 merah-ungu
224 putih
3.15 : 1
Bentuk polong
882 gembung
299 berkerut
2.95 : 1
Warna polong
428 hijau
152 kuning
2.85 : 1
Kedudukan bunga
451 aksial
207 terminal
3.14 : 1
Tinggi tanaman
787 tinggi
277 pendek
2.84 : 1

Dari percobaan tersebut, Mendel menyimpulkan bahwa pada saat pembentukan gamet, terjadi pemisahan bebas pasangan gen-gen yang dikandung oleh induk (parental) sehingga setiap gamet memperoleh satu gen dari alelnya. Misalnya, induk Bb (F1) menghasilkan gamet B dan b. Hal ini dikenal sebagai Hukum Segregasi atau Hukum Mendel I. Kemudian, terjadi perkawinan antara induk jantan dan betina. Hal ini menyebabkan gamet B dan b bergabung secara acak. Sehingga, dihasilkan F2 dengan perbandingan fenotif 3 : 1. Untuk lebih memahami hukum Mendel I, mari cermati percobaan monohibrid berikut ini.

2. Percobaan Dihibrid dan Hukum Mendel II
Percobaan Mendel yang melibatkan dua sifat sekaligus disebut percobaan dihibrid. Dari percobaan ini, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembentukan gamet, setiap pasang alel dalam satu lokus bersegregasi bebas dengan pasangan alel lokus lainnya, dan akan berpadu secara bebas dengan alel dari lokus lainnya. Hukum perpaduan bebas ini dirumuskan dari hasil observasi terhadap penyebaran fenotip F2 persilangan dihibrid. Pada F2, Mendel memperoleh perbandingan fenotip 9 : 3 : 3 : 1.

Misalnya, persilangan dengan dua sifat beda antara biji bundar kuning dengan keriput hijau. Pada F1 diperoleh biji bundar kuning. Hal ini terjadi, karena setiap gen dapat berpasangan secara bebas. Artinya, biji bundar dominan terhadap keriput, dan kuning dominan terhadap hijau.

Persilangan antara F1 menghasilkan keturunan F2 dengan perbandingan fenotip antara bulat kuning : keriput kuning : bulat hijau : keriput hijau = 9 : 3 : 3 : 1. Untuk lebih memahami, mari cermati Gambar berikut ini.


Sumber : http://el-abad.blogspot.co.id/ 

http://www.materisma.com/